Efek kognitif pesan iklan Pepsodent ?Ayah Adi dan Dika? versi role changing di televisi pada masyarakat Surabaya
Main Author: | MELISA RAISSA SAPUTRO |
---|---|
Terbitan: |
Universitas Kristen Petra
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=24268 |
Daftar Isi:
- Teori Hirearki Efek Periklanan merupakan teori utama yang akan diuji dalam penelitian ini, dimana teori ini akan dikhususkan pada efek kognitif saja. Dalam penelitian ini, efek kognitif akan dibahas berdasarkan indikator kesadaran dan pengetahuan masyarakat Surabaya mengenai pesan edukatif yang disampaikan dalam iklan Pepsodent "Ayah Adi dan Dika" versi Role Changing di televisi. Iklan Pepsodent "Ayah Adi dan Dika" merupakan rangkaian iklan berseri yang ditayangkan pada jam-jam premier televisi di seluruh negara operasional Unilever Oral Care. Iklan ini dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menyikat gigi pagi dan malam. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai efek kognitif pesan iklan Pepsodent ?Ayah Adi dan Dika? versi Role Changing di televisi pada masyarakat Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa pesan edukatif yang disampaikan dengan struktur, format, dan sumber pesan seperti dalam iklan ini dapat memberikan efek kognitif yang tinggi pada masyarakat Surabaya. Secara lebih spesifik peneliti menemukan bahwa dimensi yang memiliki tingkat kognitif yang paling tinggi adalah isi pesan.