Pengaruh kepuasan karyawan terhadap profitabilitas Restoran di Tunjungan Plaza Surabaya

Main Author: YOHANSEN HARTANTO
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2011
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=23126
Daftar Isi:
  • Dalam perkembangan bisnis saat ini, pemilik badan usaha yang bergerak adalam bidang jasa dituntut untuk menciptakan nilai tambah bagi pelanggan. Hal tersebut dapat dimulai dari memperhatikan kepuasan karyawannya. Karena dari kepuasan karyawan akan dapat menghasilkan kualitas layanan yang baik bagi pelanggan sehingga pelanggan menjadi puas. Pelanggan yang puas mampu menghasilkan profit bagi restoran dengan pembelian ulang. Jadi untuk meningkatkan profitabilitas, pemilik restoran harus mulai memperhatikan kepuasan karyawannya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membagikan kuesioner pada karyawan dan pelanggan di beberapa restoran di Tunjungan Plaza Surabaya. Kriteria restoran untuk sampel adalah restoran yang memiliki layanan table service. Untuk menghindari adanya salah interpretasi dari data yang diperoleh dalam proses penelitian, maka ada beberapa tahapan yang harus dilalui seperti melakukan uji validitas dan reliabilitas dengan SPSS dan PLS