Studi desain interior pada ruang kelas anak berkebutuhan khusus di Sacred Heart School Surabaya

Main Author: AMELIA GUNAWAN
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2010
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=19522
Daftar Isi:
  • Kondisi ruang kelas berpengaruh terhadap kelancaran proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus yang memiliki keterbatasan dalam berbagai aspek, baik fisik maupun psikis karena mereka menggunakan ruang kelas dalam waktu yang cukup lama. Maka dibutuhkan pengaturan desain interior yang sesuai dengan kebutuhan bagi anak berkebutuhan khusus. Sacred Heart School merupakan sekolah yang peserta didiknya mayoritas adalah anak berkebutuhan khusus yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik dan pembelajaran pengembangan perilaku yang meliputi aspek bahasa, sosialisasi dan kemandirian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi desain interior pada ruang kelas di Sacred Heart School Surabaya telah cukup sesuai ditinjau dari persyaratan ideal ruang kelas bagi anak berkebutuhan khusus serta pendapat pengguna ruang.