Simulasi desain geometrik persimpangan dan akses Universitas Kristen Petra
Main Author: | IGNASIUS SENDY SUJONO |
---|---|
Terbitan: |
Universitas Kristen Petra
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=19251 |
Daftar Isi:
- Penggunaan mobil di Universitas Kristen Petra (UK Petra) meningkat dari tahun ke tahun, selain itu perilaku mahasiswa yang cenderung Single Occupancy Vehicle (SOV), lebar jalan yang sempit, letak persimpangan yang berdekatan, serta seringnya jalan Siwalankerto digunakan sebagai jalan alternatif. Hal ini tentu akan berdampak pada nilai derajat kejenuhan pada ruas jalan UK Petra. Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba untuk menganalisa desain geometrik persimpangan dan akses yang ada dan desain masterplan UK Petra 2005. Pengumpulan data dilakukan dengan survey origin destination (OD) dan kuesioner. Lalu dilakukan pengolahan data dan analisa ruas jalan serta persimpangan, untuk mendapatkan kinerja persimpangan pada kondisi existing sekaligus kondisi desain masterplan UK Petra 2005. Sehingga bilamana pihak UK Petra ingin mengurangi nilai DS sebesar 31,86% untuk persimpangan Siwalankerto-akses masuk gedung P, pada tahun 2020, salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan menerapkan desain masterplan UK Petra 2005 ini.