Analisa konstruksi gender dengan metodologi visual dalam iklan Fren Sobat versi "Bayarnya Pakai Daun"
Main Author: | YUDI LESTARI SOEGANDY |
---|---|
Terbitan: |
Universitas Kristen Petra
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=18981 |
Daftar Isi:
- Dalam konteks masyarakat Indonesia yang dipengaruhi budaya patriarkat, ketidaksetaraan gender muncul dalam banyaknya iklan yang men-stereotip- kan peranan laki-laki lebih dominan daripada perempuan. Kajian dalam karya tulis ini adalah bias gender pada Iklan Fren Sobat versi "Bayarnya Pakai Daun" yang tidak lazim ditemui, dimana perempuan dikonstruksikan lebih superior daripada laki-laki. Tanda-tanda yang relevan dalam objek penelitian dibedah menggunakan pendekatan semiotika Peirce dengan metodologi visual yang bertolak dari site of image itself dan dikontekstualisasikan dari sudut pandang Jean Baudrillard tentang hiperealitas.