Aplikasi ergonomi dan rekayasa nilai untuk perbaikan fasilitas departemen food & beverage di Hotel Graha Santika Semarang
Main Author: | MATRICARIA THEARENGA |
---|---|
Terbitan: |
Universitas Kristen Petra
, 1997
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=17095 |
Daftar Isi:
- Hotel merupakan bentuk industri jasa yang banyak melayani konsumen melalui fasilitas yang disediakan. Salah satu bagian yang memberikan pelayanan tersebut adalah bagian Food Product, yang melakukan kegiatan pengolahan dan penyiapan makanan bagi konsumen. Banyaknya kegiatan yang hams dilakukan pada bagian ini, harus didukung dengan perancangan fasilitas kerja yang memberikan kenyamanan bagi karyawannya. Perancangan dilakukan dengan pendekatan ergonomi dan rekayasa nilai. Pendekatan ergonomi digunakan untuk melakukan perbaikan terhadap rancangan dimensi maupun bentuk fasilitas meja kerja, meja peralatan dan rak yang ada, dengan menggunakan antropometri manusianya. Pendekatan rekayasa nilai digunakan untuk mengembangkan kondisi komponen - komponen kerja yang ada. Alternatif rancangan tahap awal dilakukan pada 7 komponen tunggal. Hasil analisa kelayakan berupa 4 komponen tunggal yang selanjutnya dikombinasikan menjadi 4 alternatif yang dievaluasi lebih lanjut. Evaluasi yang dilakukan menghasilkan nilai performansi dan biaya implementasi alternatif. Hasil rancangan memberikan peningkatan nilai sebesar 9.2534 % yang didukung dengan peningkatan performansi sebesar 10.2934 % dan penambahan biaya per tahun sejumlah Rp 920.800,00 ( sekitar 0.9519 % dari kondisi awalnya).