Analisa manajemen konflik di restoran Jepang Imari (Hotel J.W.Marriott Surabaya)

Main Authors: ANGGA CIPTA, ANDY
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2010
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=17021
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisa konflik apa saja yang sering terjadi di restoran Jepang Imari, apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik dan bagaimana cara dan proses dari manajemen konflik yang diterapkan selama ini di restoran Jepang Imari. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa kualitatif, dengan menggunakan kuesioner dan wawancara yang ditujukan pada manager restoran Jepang Imari, supervisor, staf dan mantan restaurant manager untuk memperoleh data dan fakta terkait konflik yang ada di restoran Jepang Imari Hotel J.W. Marriott Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik merupakan suatu kondisi yang wajar terjadi pada suatu perusahaan atau organisasi. Konflik tersebut juga dialami oleh organisasi di restoran Jepang Imari yang bertempat di Hotel J.W. Marriott, Surabaya. Konflik antar-individu yang terjadi dan pernah dialami oleh masing-masing individu baik dari pihak atasan maupun para stafnya, seringkali mengganggu kinerja dan suasana kerja menjadi tidak nyaman. Namun yang menarik adalah bahwa kemampuan organisasi dalam mencapai tujuan utama selalu berhasil, yaitu mendapatkan revenue sesuai atau diatas budget bulanan yang telah ditentukan.