Analisa kepuasan pemakai jasa rumah sakit terhadap pelayanan dan fasilitas di Rumah Sakit Budi Mulia

Main Author: DEBORA
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 1998
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=15171
Daftar Isi:
  • Hidup manusia sehari-hari banyak terbantu dan bergantung berbagai jenis jasa, misalnya rumah sakit tidak hanya menjual jasa melainkan serangkaian pelayanan yang disediakan bagi pemakaianya dan justru pelayanan beserta fasilitas yang ada itulah yang sering menjadi alasan seseorang memakai jasa rumah sakit tertentu. Maka bisa dibayangkan betapa berpengaruhnya bisnis jasa dalam dunia moderen. Apalagi dewasa ini setiap konsumen tak lagi sekedar membeli suatu produk (barang), tetapi termasuk pula segala aspek pelayanan yang melekat pada produk tersebut mulai dari tahap pembelian hingga purna beli. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan manajemen kualitas suatu produk dari suatu perusahaan, namun jangan sampai tidak menganggap pelayanan sebagai produk tersendiri. Sebab pelayanan merupakan salah satu aset yang paling berharga dan konsumen akan membeli suatu produk beserta segala aspek yang melekat pada produk tersebut. Sehingga kita dapat memperoleh informasi sebelum para pesaing,menciptakan keunggulan dan mengeksploitasikannya. Dengan demikian kita dapat mengembangkan dan mempertahankan keunggulan dengan cara mengevaluasi dan memfokuskan sumber pemasaran kepada konsumen secara pribadi agar membangun suatu loyal itas konsumen.