Opini masyarakat Surabaya mengenai iklan CSR AQUA ?1L AQUA = 10L air bersih? di televisi

Main Author: WINNY MARYA
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2009
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=14447
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui opini masyarakat Surabaya mengenai Iklan CSR AQUA " 1L AQUA = 10L Air Bersih " di Televisi. Danone AQUA sebagai produsen AMDK ( Air Minum dalam Kemasan ) yang dalam hal ini juga sebagai komunikator, menggunakan iklan televisi untuk mengkomunikasikan program CSR " Satu untuk Sepuluh " yang diadakan di NTT dan ditujukan bagi masyarakat selaku komunikan. Elemen - elemen yang membentuk iklan berperan untuk memberikan stimulus kepada masyarakat sehingga akhirnya membentuk opini masyarakat mengenai iklan. Untuk dapat mendeskripsikan opini masyarakat lebih lanjut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan teknik analisa statistik deskriptif yang diwujudkan dalam bentuk tabel frekuensi dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Surabaya memiliki opini positif mengenai iklan ini. Opini positif khususnya paling dominan ditunjukkan pada elemen movement ( gerakan ). Sedangkan opini negatif tertinggi ditunjukkan pada penerapan elemen colour ( warna ).