Pengetahuan ibu-ibu rumah tangga kecamatan Asemrowo atas iklan layanan masyarakat `Caca dan Cici Salah Rumah? di televisi

Main Author: RICCA HERMAN CHANDRA
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2009
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=14442
Daftar Isi:
  • Tingginya angka prevalensi cacing di Indonesia serta turunnya penggunaan kategori obat cacing dari waktu ke waktu, mendorong PT Johnson & Johnson membuat iklan layanan masyarakat yang menampilkan fakta bagaimana telur cacing dapat menular, dengan tujuan agar masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga, menjadi lebih peka terhadap bahaya penularan cacing serta diharapkan dapat menekan angka penderita cacingan. Iklan layanan masyarakat versi `Caca dan Cici Salah Rumah? menggunakan konsep animasi, serta menggunakan alur cerita dongeng sehingga sangat mudah untuk dicerna bahkan oleh anak-anak sekalipun. Penelitian ini mengacu pada teori stimulus-organisme-respon, dan dibatasi pada efek kognitif saja yaitu tingkat pengetahuan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti pengetahuan ibu-ibu rumah tangga kecamatan Asemrowo atas iklan ini. Subjek penelitian ini adalah ibu-ibu rumah tangga kecamatan Asemrowo yang berjumlah 384 orang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk tabel frekuensi dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu-ibu rumah tangga kecamatan Asemrowo memiliki pengetahuan yang tinggi atas iklan tersebut.