Motif masyarakat Surabaya menonton tayangan Happy Family Me vs Mom di Trans TV

Main Author: HENNY OKTAVIA
Terbitan: Universitas Kristen Petra , 2009
Subjects:
Online Access: http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_detail.php?knokat=14403
Daftar Isi:
  • Kelebihan media massa televisi membuatnya menjadi salah satu sarana pemuas kebutuhan individu. Khalayak aktif menggunakan media karena didorong oleh motif dalam usaha untuk memenuhi kebutuhannya. Karena itulah, motif ini yang pada akhirnya mendorong individu untuk menggunakan media dan memilih acara mana yang disuka. Happy Family Me vs Mom merupakan sebuah tayangan reality show dengan konsep yang unik, dengan tingginya rating yang diperoleh serta berhasil masuk dalam nominasi Panasonic Awards 2009. Rating yang tinggi menunjukkan banyaknya minat pemirsa menonton dan diyakini dapat memenuhi kebutuhan dari pemirsa. Tujuan penelitian ini adalah menemukan motif apakah yang mendorong pemirsa menonton tayangan Happy Family Me vs Mom dengan melakukan penelitian secara kuantitatif. Adapun atribut motif yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Surveillance / Informasi, Identitas Pribadi, Integrasi dan Interaksi Sosial, serta Hiburan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif terbanyak yang mendorong Masyarakat Surabaya menonton tayangan Happy Family Me vs Mom di Trans TV adalah motif informasi (3.02), dan yang kedua adalah motif hiburan (2.92). Untuk motif integrasi (2.84) dan motif identitas pribadi (2.60).