Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Market Place Activity Pada Mata Pelajaran Fikih di Kelas VIII MTs Al Jam’iyatul Washliyah Tembung

Main Author: Nurhidayah, Nurhidayah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/9726/1/SKRIPSI%20NURHIDAYAH%200301161029.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9726/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan metode Market Place Activity pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. (2) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan metode Market Place Activity pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah kelas VIII I MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung, yang terdiri dari 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Hasil Pre Test yang dilakukan hanya 5 siswa yang mampu mencapai nilai ketuntasan, sementara 27 siswa lainnya tidak tuntas, rata-rata nilai yang diperoleh 60 dengan persentase klasikal 16%. (2) Pada siklus I yang mampu mencapai nilai ketuntasan hanya 9 siswa sementara 23 siswa lainnya belum mencapai nilai ketuntasan dengan rata-rata nilai 68 persentase klasikal 28%. Kemudian pada siklus II siswa yang sudah mampu mencapai nilai ketuntasan sebanyak 28 siswa sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 4 siswa dengan nilai rata-rata 80 dan persentase klasikal 87%. Berdasarkan hal di atas maka metode Market Place Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih.