Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah al-Ulum Medan

Main Author: Hayati, Mutia
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/9667/1/Skripsi%20Mutia%20Hayati%20Bismillah.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9667/
ctrlnum 9667
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinsu.ac.id/9667/</relation><title>Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah al-Ulum Medan</title><creator>Hayati, Mutia</creator><subject>2X7.33 Tingkat stanawiyah dan &#x2018;aliyah</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang digunakan guru kurang&#xD; bervariatif sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini adalah&#xD; penelitian kuantitatif berbentuk penelitian eksperimen. yaitu penelitian yang membandingkan dua&#xD; kelompok sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen&#xD; dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol.&#xD; Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran make a&#xD; match terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Swasta Al-Ulum Medan.&#xD; Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa di kelas&#xD; VIII 5 sebagai kelas ekperimen yaitu kelas yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran&#xD; make a match adalah dengan nilai rata-rata pre test adalah 58,75 dan nilai rata-rata post test adalah&#xD; 86. Sedangkan hasil belajar siswa di kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan &#xD; dengan model pembelajaran konvensional adalah dengan rata-rata pre test yaitu 53 dan nilai ratarata post test yaitu 76&#xD; Kemudian setelah dilakukan uji hipotesis, diperoleh hasil uji hipotesis dengan thitung = 5,96 &gt;&#xD; ttabel 2,00 , maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match&#xD; berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Swasta Al&#xD; Ulum Medan</description><date>2020</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.uinsu.ac.id/9667/1/Skripsi%20Mutia%20Hayati%20Bismillah.pdf</identifier><identifier> Hayati, Mutia (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah al-Ulum Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. </identifier><recordID>9667</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hayati, Mutia
title Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah al-Ulum Medan
publishDate 2020
topic 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
url http://repository.uinsu.ac.id/9667/1/Skripsi%20Mutia%20Hayati%20Bismillah.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9667/
contents Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariatif sehingga siswa pasif dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berbentuk penelitian eksperimen. yaitu penelitian yang membandingkan dua kelompok sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VIII 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Swasta Al-Ulum Medan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa di kelas VIII 5 sebagai kelas ekperimen yaitu kelas yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran make a match adalah dengan nilai rata-rata pre test adalah 58,75 dan nilai rata-rata post test adalah 86. Sedangkan hasil belajar siswa di kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional adalah dengan rata-rata pre test yaitu 53 dan nilai ratarata post test yaitu 76 Kemudian setelah dilakukan uji hipotesis, diperoleh hasil uji hipotesis dengan thitung = 5,96 > ttabel 2,00 , maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Swasta Al Ulum Medan
id IOS2781.9667
institution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 503
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
library_id 508
collection Repository UIN Sumatera Utara
repository_id 2781
subject_area Adat Istiadat
Administrasi Negara dan Militer
Agama
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS2781
first_indexed 2020-11-11T21:50:33Z
last_indexed 2020-11-11T21:50:33Z
recordtype dc
_version_ 1765850870532014080
score 17.538404