Pengaruh margin pricing dan prosedur pembiayaan terhadap peningkatan minat nasabah pembiayaan murabahah pada Bank Syariah Mandiri KCP. Paangkalan Brandan

Main Author: Najihah, Eby Fathatun
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/9630/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9630/
Daftar Isi:
  • Secara umum calon nasabah yang akan mengajukan pembiayaan tentu memilih bank yang dapat memberikan kemudahan. Setiap nasabah akan memperhatikan dan mempertimbangkan faktor-faktor tertentu yang memutuskan untuk pembiayaan, karena bagaimanapun konsumen dalam perilakunya akan mencari kepuasan yang maksimal dalam memenuhi kebutuhannya. Jika harga jual murabahah yang ditawarkan terlalu tinggi, maka daya beli nasabah rendah atau kurang diminati atau sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh margin pricingyang ditawarkan Bank Syariah Mandiri KCP. Pangkalan Brandan dan prosedur pembiayaan yang ditetapkan, yang mana hal tersebut dapat mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah pembiayaan murabahah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 20. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner yang diajukan kepada nasabah pembiayaan mjurabahah dengan sampel sebanyak 85 responden. Hasil penelitian ini menghasilkan nilai R Square sebesar 0,517 atau 51,7%. Artinya variabel margin pricing dan prosedur pembiayaan dapat menjelaskan 51,7% variabel peningkatan jumlah nasabah pembiayaan murabahah. Sisanya 49,3% dijelaskan oleh sebabsebab lain diluar model.Hal ini menunjukkan bahwa dari kedua variabel independen yang paling berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah pembiayaan murabahah Bank Syariah Mandiri di wilayah Pangkalan Brandan adalah variabel prosedur pembiayaan dengan nilai sebesar 0,456dan margin pricing dengan nilai sebesar 0,454 dari uji regresi linear berganda. Hal ini menunjukkan bahwa variabel-variabel bebas yang terdiri dari margin pricing dan prosedur pembiayaan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah pembiayaan murabahah.