Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pelajaran IPS Materi Perjuangan Melawan Penjajahan Belanda dan Jepang dengan menerapkan Strategi Thik Pair Share Di MIS Al Washliyah Padang Matimggi Kecamatan Ratau Utara Kabupate Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara T.A 2018/2019

Main Author: Dewi, Lili Novita
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/9626/1/asli%20skripsi%20111.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9626/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi Think Pair Share pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang di kelas V MIS Al Washliyah Padang Matinggi Rantauprapat (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi Think Pair Share pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang di kelas V MIS Al Washliyah Padang Matinggi Rantauprapat (3) Penerapan strategi Think Pair Share pada mata pelajaran IPA perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang di kelas V MIS Al Washliyah Padang Matinggi Jenis penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian di kelas V terdiri dari 32 siswa. (1) Berdasarkan hasil pemberian Tes Awal (Pra Siklus) diperoleh data hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 23% dengan nilai rata-rata 58,43 (2) Pada siklus I hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 50% dengan nilai rata-rata 84,84. (3) Pada siklus II hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 87% dengan nilai rata-rata 80. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa dan minat belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui penerapan model Think Pair Share, yang dapat dilihat melalui minat belajar dan kinerja guru.