Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Take and Give Mata Pelajaran PKn Materi Kebebasan Berorganisasi Pada Siswa Kelas V YPI MIS Nurul Hadina Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang
Main Author: | Hamimah, Hamimah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/9623/1/SKRIPSI%20HAMIMAH%20word%20ya.pdf http://repository.uinsu.ac.id/9623/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebelum dan sesudah menggunakan strategi Take and Give dan untuk mengetahui keefektifan siswa dalam kelas selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan II siklus dan untuk setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui penerapan strategi Take and Give pada mata pelajaran PKn materi Kebebasan Berorganisasi. Penelitian ini dilakukan di MIS Nurul Hadina, dan subjek dari penelitian ini adalah siswa/i kelas Vc dengan jumlah 32 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mendapatkan nilai rata-rata sebesar 66,87% tingkat keberhasilannya. Setelah diterapkannya model pembelajaran strategi Take and Give padasiklus I hasil belajar PKn siswa memiliki nilai rata-rata 75,31% tingkat keberhasilan siswa. Padasiklus II diperoleh nilai rata-rata 86,87% tingkat keberhasilan para siswa. Dengan demikian, mempelajari mata pelajaran PKn materi kebebasan berorganisasi dengan menggunakan strategi Take and Give sangat meningkatkan hasil belajar.