Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 101896 Kiri Hulu Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019

Main Author: Khasanah, Siska Nida’ul
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/9578/1/pdf%20skripsi%20fix.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9578/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengaruh model pemenbelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Kelas V SD Negeri 101896 Kiri Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di kelas V SD Negeri 101896 Kiri Hulu. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang, dan kelas VI-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajarban role playing dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Negeri 101896 Kiri Hulu, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran role playing adalah 85,26. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 73,18. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 6,246 > 2,05228. Dengan demikian diharapkan para guru SD/MI untuk menerapkan metode pembelajaran role playng dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa.