Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament dan Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Kelas X MAL UINSU Medan Tahun Ajaran 2019/2020

Main Author: Masriani, Cici
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/9566/1/jurnal%20Cici%20Masriani.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9566/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah maematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament, (2) Untuk mengetahui nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dan Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa Penelitian ini merupakan jenis peneltiian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan (1) Nilai rata - rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament sebesar 83,22 dan standar deviasinya 9,784. (2) Nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share adalah 76,88 dengan standar deviasi 9,438. (3) Berdasarkan uji- T Fhitung>Ftabel yaitu 2,339 > 2,065 ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dan Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLTV di kelas X MAL UINSU Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Akan tetapi jika dilihat dari nilai rata-rata model pembelajaran kooperaif tipe Team Games Tournament lebih tinggi dari Think Pair Share.