Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIN 4 Kota Medan T.A 2018/2019

Main Author: Sirait, Aisyah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/9556/1/SKRIPSI%20AISYAH%20SIRAIT.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9556/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas IV MIN 4 Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas IV MIN 4 Kota Medan. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, dan kelas IV-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV MIN 4 Kota Medan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray adalah 88,4.Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 85. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh atau 3,50 > 1,68.