Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di MIN Medan Tembung
Main Author: | Marpaung, M. Rosyid Adnan Amsari |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/9544/1/SKRIPSI%20ROSYID%20PDF.pdf http://repository.uinsu.ac.id/9544/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS Di MIN Medan Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Eksperimen Semu. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VA dan siswa kelas VB berjumlah 75 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh yaitu sampel adalah keseluruhan jumlah populasi. Kelas VA sebagai kelas eksperimen menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing berjumlah 38 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol menggunakn model konvensional berjumlah 37 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji-test Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen (VA) memiliki rata-rata lebih tinggi dengan nilai 83 dibandingkan kelas kontrol (VB) yaitu 80. 2) Terdapat pengaruh model kooperatif tipe Snowball Throwing tehadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 0,99 > 0,67 (n=73) dengan taraf signifikan yang menyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Snowball Throwing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di MIN Medan Tembung T.A 2018/2019.