Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Incide Outside Circle (IOC) Pada Siswa Kelas V MIS AL-Kautsar Kecamatan Medan Johor T.A 2019/2020

Main Author: Harahap, Aulia Rika
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/9537/1/SKRIPSI%20AULIA%20RIKA%20HARAHAP.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9537/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui hasil belajar siswa kelas V sebelum digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Incide Outside Circle (IOC) pada mata pelajaran IPS; 2) Apakah proses penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Incide Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS; 3) Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Incide Outside Circle (IOC) pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MIS Al-Kautsar Kecamatan Medan Johor. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas V dengan jumlah siswa 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Sebelum menggunakan model pembelajaran Incide Outside Circle (IOC) hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang telah ditentukan dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pada saat pra-siklus sebesar (60,35%), 2) Penerapan model pembelajaran Incide Outside Circle (IOC) pada mata pelajaran IPS di kelas V MIS Al-Kautsar Kecamatan Medan Johor berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 3) setelah menggunakan model Incide Outside Circle (IOC) hasil belajar siswa dapat meningkat, hal ini terbukti pada siklus I hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata (71,25%) dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata (83,75%).