Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI MIS Islamiyah Sunggal
Main Author: | Siregar, Septi Lastri |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/9536/1/SKRIPSI%20SEPTI%20LASTRI%20SIREGAR.pdf http://repository.uinsu.ac.id/9536/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar matematika siswa kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di MIS Islamiyah Sunggal (2) Hasil belajar matematika siswa kelas VI dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example di MIS Islamiyah Sunggal (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MIS Islamiyah Sunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, serta teknik analisis data dengan menggunakan analisis inferensial (uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji Mann-Whitney). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa. Dimana terdapat dua kelas, yaitu kelas VI-A (kelas eksperimen) yang berjumlah 30 siswa dan kelas VI-B (kelas kontrol) yang berjumlah 27 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis uji MannWhitney. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional memperoleh rata-rata 75,92593. (2) Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Example Non Example memperoleh rata-rata 84,8333. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI di MIS Islamiyah Sunggal. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Mann-Whitney yang diperoleh Zhitung sebesar −2,142 dengan nilai Sig. 0,0032. Nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari