Pengaruh Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Penjajahan Belanda di Indonesia Siswa Kelas V MIN 10 Kota Medan Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan T.A 2018/2019
Main Author: | AR, M. Fikri Ramadhan |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/9516/1/SKRIPSI%20FIKRI%202.pdf http://repository.uinsu.ac.id/9516/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan hasil Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Penjajahan Belanda di Indonesia Siswa Kelas V MIN 10 Kota Medan Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang dilakukan di kelas V MIN 10 Kota Medan Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, dan kelas V-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V MIN 10 Kota Medan Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap peningkatan hasil belajar IPS materi penjajahan belanda di indonesia siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) adalah 85,15. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional adalah 74,29. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 4,880 > 1,996.