Penggunaan Metode Mubasyarah (Langsung) dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IX di MTs GUPPI Pematang Sijonam Kec. Perbaungan
Main Author: | Siregar, Ainul Fajri |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ar |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/9430/1/Skripsi%20Ainul%20Fajri%20Siregar.pdf http://repository.uinsu.ac.id/9430/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana penggunaan metode mubasyarah (langsung) dalam pembelajaran bahasa Arab yang harus dimiliki oleh siswa dan Apa saja kendala yang dihadapi serta solusi dalam menerapkan metode mubasyarah (langsung) dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas IX MTs GUPPI Pematang Sijonam Kec. Perbaungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data ini dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi yang berhubungan dengan objek yang diteliti, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis model Milles dan Hubermen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya penggunaan metode mubasyarah (langsung) belum efektif karena terdapat sebagian siswa yang kurang memiliki keterampilan berbicara, dan terdapat juga kendala serta solusi dalam proses pembelajaran siswa yang sulit dalam menerima materi ajar dari guru sehingga guru memperagakan makna dari apa yang disampaikan melalui gambar agar siswa mudah mengerti, kemudian terdapat siswa yang lambat dalam berbicara menggunakan bahasa Arab solusinya guru melakukan muroja’ah kosa kata ataupun percakapan, dan yang yang terakhir kurangnya percaya diri siswa untuk mengungkapkan apa yang diinginkannya sehingga solusi dari guru yaitu melakukan rutinitas setiap senin dan kamis untuk berinteraksi dengan menggunakan bahasa arab, agar siswa terlatih dan terbiasa bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Arab