Pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhdap hasil belajar fikih siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Pancur Batu

Main Author: Yusrizal, Yusrizal
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/9388/1/Tesis%20FIX.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9388/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskprisikan: (1) pengaruh penerapan strategi pembelajaran terhadap hasil belajar Fikih siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Pancur Batu, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Fikih siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Pancur Batu, dan (3) iInteraksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Fikih siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Washliyah Pancur Batu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Washliyah Pancur Batu terdiri dari 3 kelas. Berdasarkan teknik Cluster Random sampling, satu kelas sebagai kelas pembelajaran generatif dan satu kelas pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian adalah tes yang digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar dan angkett untuk mendapatkan data motivasi belajar. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada signifikansi  = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran generatif terhadap hasil belajar Dalam hal ini strategi pembelajaran generatif lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran Fikih, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar Fikih, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar Fikih siswa. Dalam hal siswa dengan dengan motivasi belajar tinggi lebih tepat diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran generatif dibandingkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, sedangkan siswa dengan motivasi belajar rendah lebih tepat diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dibandingkan dengan strategi pembelajaran generatif.