Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mi Panyabungan
Main Author: | Nasution, Asrin |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/9359/1/Skripsi%20Asrin%20Nasution%20Full-dikonversi.pdf http://repository.uinsu.ac.id/9359/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MI Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Panyabungan yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ini adalah dua kelas yang terdiri atas satu kelas eksperimen (VA) dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang dan satu kelas kontrol (VB) dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa adalah tes essay yang berjumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t-test. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MI Panyabungan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 85,83 dan 73,33. Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana Thitung >Ttabel yaitu 6,044 >2,001