Pengaruh Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Di SD Swasta Darma Medan Johor
Main Author: | Lestari, Tri Ayu |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/9357/1/Skripsi%20TRI%20AYU%20LESTARI%20-%20FULL%20-%20COMBINE%20-%20PERPUSTAKAAN-dikonversi.pdf http://repository.uinsu.ac.id/9357/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Adakah Pengaruuh Keterampilan proses sains siswa yang diajar dengan model pemebelajaran CLIS (Chidren Learning In Science pada mata pelajaran IPA materi siklus air. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen desain yang digunakan yaitu pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Swasta Darma Medan Johor Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas Ekperimen y kelas VA dengan 27 peserta didik dan kelas Kontrol yaitu kelas VB dengan 27 peserta didik. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa T-tabel yaitu sebesar 3,139, hasil uji hipotesis ini menunjukkan bahwa H1 diterima, maka dapat diketahui ada pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) terhadap keterampilan Proses Sains siswa