Pengaruh Manajemen Zakat, Transparansi Laporan Keuangan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Muzakki Pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Utara

Main Author: Elmi, Nur Faznita
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/9285/1/Skripsi%20Nur%20Faznita%20Elmi.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9285/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan karena adanya kesenjangan antara realisasi penghimpunan zakat oleh Badan Amil Zakat Nasional se-Sumatera Utara dengan potensi yang ada. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel manajemen zakat, transparansi laporan keuangan, dan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan muzakki pada Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Utara. Variabel dependen pada penelitian ini adalah kepercayaan muzakki. Sedangkan variabel independennya adalah manajemen zakat, transparansi laporan keuangan, dan kualitas pelayanan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah muzakki BAZNAS Sumatera Utara menggunakan metode convenience sampling dan didapat sebanyak 65 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapat melalui kuesioner. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa manajemen zakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki. Transparansi laporan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki. Serta manajemen zakat, transparansi laporan keuangan, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki.