Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Pemecahan Masalah Yang Diajar Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Group Investigation Kelas X MAS Amaliyah Sunggal Tahun Pembelajaran 2019-2020

Main Author: Rahmadani, Rahmadani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/9109/1/PERBAIKAN%20SKRIPSI%20RAHMADANI%20%2835153042%29.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/9109/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaraan kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Group Investigation (GI) kelas X MAS. Amaliyah Sunggal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X MAS. Amaliyah Sunggal tahun ajaran 2019-2020 yang berjumlah 115 siswa. Sampel yang digunakan oleh peneliti adalah kelas X-IPA3dan XIPA2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan penalaran dankemampuan pemecahan masalah siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan penalaran matematis dan kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dari pada dengan pembelajaran kooperatif tipe GI.