Pengaruh Strategi Everyone Is A teacher Here (ETH), Contextual Teaching And Learning (CTL), Dan Crossword Puzzle (CWP) Serta Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MTs. Darul Falah Aek Songsongan
Main Authors: | Syahruddin, Syahruddin, Fachruddin, Fachruddin, Mardianto, Mardianto |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/9048/1/20-44-2-PB.pdf http://repository.uinsu.ac.id/9048/ http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/ittihad/article/view/20 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel strategi pembelajaran yang meliputi; strategi Everyone Is A Teacher Here (ETH), Startegi Contextual Teaching and Learning (CTL), dan Startegi Crossword Puzzle (CWP) serta motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul Falah Aek Songsongan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang terdaftar pada MTs Darul Falah Aek Songsongan yang berjumlah 240 siswa. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari tiga kelas yang berjumlah 90 siswa. Data penelitian ini dijaring melalui angket dan tes. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen murni (true eksperiment). Desain eksperimen yang dipakai dalam penelitian ini adalah desain faktorial (factorial desing) 3x2. Hasil pengujian penelitian ini menunjukkan pengaruh variabel bebas baik sendiri maupun secara bersama-sama terhadap variabel terikat sebagai berikut; 1) Strategi Pembelajaran terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa F0 = 0.17 sedangkan F1 0.01 = 6.95 dan F1 0.05 = 3.95, 2) Motivasi belajar terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa F0 = 12.68 sedangkan F1 0.01 = 6.95 dan F1 0.05 = 3.95 dan, 3) Strategi Pembelajaran dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar menunjukkan bahwa F0 = 2.01 sedangkan F1 0.01 = 6.95 dan F1 0.05 = 3.95.