Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Bunayya Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah
Main Authors: | Syafaruddin, Syafaruddin, Mesiono, Mesiono, Butar-Butar, Amrilsyah, Assingkily, Muhammad Shaleh |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/8966/1/Artikel%2017%20Manajemen%20Pembelajaran%20PAI%20di%20SDIT%20Bunayya%20Pandan%20Kab.%20Tapteng.pdf http://repository.uinsu.ac.id/8966/ http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/13215 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan materi ajar wajib setiap jenjang pendidikan bagi peserta didik maupun mahasiswa. Kendati dikenal sebagai materi klasik dan pelajaran tertua, PAI akan tetap menarik bila dikelola dengan konsep manajemen yang baik, seperti yang dipadukan oleh lembaga pendidikan Islam terpadu, termasuk Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bunayya Kabupaten Tapanuli Tengah. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa manajemen (perencanaan, pengorganisasian, intruksi pengarahan, dan evaluasi) pembelajaran PAI dan pengembangannya di lingkungan SDIT Bunayya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) manajemen pembelajaran PAI di SDIT Bunayya terlaksana dengan baik, hal ini ditandai dengan keterpaduan pembelajaran mulai dari perencanaan, pengorganisasian, intruksi pengarahan pembelajaran, dan evaluasi dan (2) pengembangan manajemen pembelajaran PAI ditandai dengan salat berjamaah di sekolah, pembinaan cara berwudu, pembinaan akhlak peserta didik, dan pembiasaan interaksi peserta didik dengan Al-Qur’an.