Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Di Ajar Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Materi Himpunan Di Kelas VII MTs Islamiyah YASPENJAR Tahun Pelajaran 2018/2019
Main Author: | Hasibuan, Mara Purba |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/8857/1/MARA%20PURBA%20HASIBUAN%2035143008.pdf http://repository.uinsu.ac.id/8857/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), (2) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), serta (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi kooperatif tipe Student Team Achievement division (STAD) dan tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang diambil secara acak atau simple random sampling. Instrumen tes yang digunakan berbentuk uraian berupa tes hasil belajar (post test). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT) pada materi himpunan di kelas VII MTs Islamiyah Yaspenjar tahun pelajaran 2018/2019. Pada strategi kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) data post test nilai rata-rata hitungnya (X ̅) sebesar 81,25 (kategori baik) dan Standar Deviasi (SD) = 9,014, sedangkan pada strategi kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) data post test nilai rata-rata hitungnya (X ̅) sebesar 76,08 (kategori baik) dan Standar Deviasi (SD) = 7,458, selanjutnya data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Student Team Achievement Division (STAD) dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dimana besar perbedaan (BP) antara Student Teams Achievement Divison (STAD) dan Teams Games Turnament (TGT) adalah sebesar 6,79 % (tidak terlalu signifikan).