Pengaruh layanan bimbingan konseling kelompok dalam meningkatkan tanggung jawab belajar siswa MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung

Main Author: Rahmadani, Rizky
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8679/1/SKRIPSI%20RIZKY%20RAHMADANI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8679/
Daftar Isi:
  • Penelitan ini di latar belakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami masalah tanggung jawab belajar yakni peserta didik yang sering tidak mengerjakan tugas, dan sering menyontek sesama teman, kurang menaati peraturan disekolah dengan gejala yang ditandai seperti datang. Siswa harus mengikuti semua proses belajar mengajar yang telah ditentukan oleh sekolah masing-masing, mengerjakan PR, tidak bolos, tidak melawan guru, serta menuruti semua yang telah diperintahkan oleh sekolah dan juga gurunya serta menuruti seua yang telah diperintahkan oleh sekolah dan juga gurunya, mengerjakan ujian tanpa menyontek dari temannya, dan tidak rebut ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Jenis penelitan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, sampel 30 yang digunakan dalam peneltian ni adalah peserta didik dari MTs. Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung kelas yang teridentifikasi memiliki kedisplinan dalam kategori rendah. Teknik layanan konseling individu dilakukan sebanyak 2 kali, teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, anget, dan dokumentasi. Hasil rata-rata skor tanggungjawab belajar siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan konseling kelompok adalah nilai signifikasinya dari kedua sampel adalah 0,003 yang mana dalam mengambil keputusan uji korelasi jika nilai uji signifikasinya lebih kecil dari 0,05 maka data tersebut terindikasi memiliki hubungan antara keduanya.maka hasil MTs Al jam’iyatul Washliyah Tembung diterima dan Ho ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok berpengaruh terhadap tanggungjawab belajar peserta didik dikelas.