Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Melawan Penjajahan Belanda dan Jepang Melalui Strategi Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning) di Kelas V MIN 4 Medan T.A 2018/2019

Main Author: Hasibuan, Sri Rizki Juniati
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8543/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8543/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran bersiklus (cycle learning) dan untuk mengetahui keefektifan siswa dalam kelas selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan II siklus dan untuk setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui penerapan strategi pembelajaran bersiklus (cycle learning) pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang. Penelitian ini dilakukan di MIN 4 Kota Medan kecamatan Medan Barat dan subjek dari penelitian ini adalah siswa/i kelas Vb dengan jumlah 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mendapatkan nilai rata – rata sebesar 71,11 atau 25,92% tingkat keberhasilannya. Setelah diterapkannya model pembelajaran bersiklus (cycle learning) pada siklus I hasil pelajaran IPS siswa memiliki nilai rata – rata 74,07 atau 59,2% tingkat keberhasilan siswa. Pada siklus II diperoleh nilai rata – rata 8,185 atau 88,88% tingkat keberhasilan pada siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dikatakan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran bersiklus (cycle learning).