Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di MIN Sei Agul Medan Denai

Main Author: Harahap, Putriana
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8529/1/PUTRIANA%20HARAHAP.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8529/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi sementara yang dilakukan oleh peneliti di MIN Sei Agul Kec. Medan Denai memiliki hasil yang tidak memuaskan dan ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa belum mencapai target sebesar 80%. Nilai KKM pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yaitu 75. Penelitian bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Word Square, (2) Mengetahui hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran Word Square, dan (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Populasi penelitian ini berjumlah 103 siswa dan sampel berjumlah 72 siswa/i di kelas V. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling atau sampel acak sederhana. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signitifikan pada model pembelajaran word square terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN Sei Agul kec. Medan Denai pada mata pelajaran IPS materi tokoh-tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2,766 dan ttabel = 1,666, dengan demikian membandingkan kedua nilai tersebut diperoleh bahwa Thitung > Ttabel yaitu 2,766 > 1,666. Bertolak dari hasil penelitian dan kesimpulan tersebut maka dikemukakan saran untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru dapat menggunakan model word square dalam kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas.