Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Siswa Materi Turunan Kelas XI SMAN 13 Medan

Main Author: Rizkiah, Intan
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8489/1/SKRIPSI%20INTAN%20RIZKIAH.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8489/
Daftar Isi:
  • Kooperatif Tipe Group Investigation dan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekata Quasi Esksperiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 13 Medan T.P. 2019-2020 yang terdiri dari 12 kelas dan berjumlah 407 siswa akan dipilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Instrumen tes yang digunakan dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan Analisis Varians (ANAVA) Dua Jalur. Hasil temuan menunjukkan: 1) Kemampuan pemahaman konsep yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation lebih berpengaruh daripada diajar dengan Model Discovery Learning, 2) Kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation lebih berpengaruh daripada diajar dengan Model Discovery Learning, 3) Kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation lebih berpengaruh daripada diajar dengan Model Discovery Learning, 4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa.