Hubungan persepsi tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme Guru SMP Tunas Karya

Main Author: Fauza, Hendri
Format: Experimen NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8477/1/HUBUNGAN%20PERSEPSI%20TENTANG%20KEPEMIMPINAN%20KEPALA%20SEKOLAH%20DENGAN%20PROFESIONALISME.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8477/
Daftar Isi:
  • Profesionalisme guru adalah kondisi, arah, nilai, tujuan, dan kualitas suatu keahlian dan kewenangan dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang berkaitan dengan pekerjaan seseorang yang menjadi mata pencaharian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di SMP Tunas Karya.? Bagaimana profesionalisme guru di SMP Tunas Karya.? Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru di SMP Tunas Karya.? Tujuan penelitian ini adalah Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah di SMP Tunas Karya., Profesionalisme guru di SMP Tunas Karya., Hubungan yang signifikan antara persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru di SMP Tunas Karya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di Jalan Raya Medan Tenggara Ujung/Binjai. Jumlah sample dalam penelitian ini adalah 30 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk mengetahui persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan persepsi tentang kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru berada pada kategori lemah, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan lemah dan signifikan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalisme guru dengan bentuk hubungan linier dan prediktif melalui garis regresi Ῠ = 71.316 + 0.256X, persamaan garis regresi ini menjelaskan bahwa jika faktor Kepemimpinan kepala sekolah meningkat sebesar satu unit maka Profesionalisme guru juga akan meningkat sebesar 0.256 + 71.316 = 71.572 satuan.