Pengaruh pola asuh orang tua dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa di Mts Swasta Raudhatul Akmal Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang

Main Author: Nurasiah, Nurasiah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8455/1/Tesis%20Nurasiah%20PEDI%20PASCA%20UIN%202017.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8455/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa di MTs. Swasta Raudhatul Akmal Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh siswa MTs. Swasta Raudhatul Akmal yang berjumlah 158 siswa dan sampel penelitian dipilih menggunakan rumus sehingga menghasilkan sampel sebanyak 61 siswa dengan menggunakan metode proportional sampling. Dalam penelitian ini instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel pola asuh orangtua (X1), fasilitas belajar (X2) dan motivasi belajar (Y). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas kolmogorov smirnov dan uji regresi berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh pola asuh orangtua terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini didapat dari hasil t hitung sebesar 4,617. Jika dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 2,002 < 4,617 t hitung dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) tidak terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini didapat darihasil t hitung sebesar -0,110. Jika dibandingkan dengan nilai t tabel sebesar 2,002 > -0,110 t hitung dan nilai signifikansi 0,913 > 0,05. (3) terdapat pengaruh pola asuh orangtua dan fasilitas belajar terhadap motitasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil F hitung sebesar 10,797. Jika dibandingkan dengan nilai F tabel 3,15 < 10,797 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.