Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Rotation Trio Exchange Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Balok Dan Kubus Di Kelas VIII SMP TPI Amir Hamzah
Main Author: | Dalimunthe, Roima |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/8429/1/skripsi%20full%202.pdf http://repository.uinsu.ac.id/8429/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Rotation Trio Exchange terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, 3) Untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Rotation Trio Exchange terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam Penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP YPI Amir Hamzah. Analisis data dilakukan dengan uji ANAVA dan analisis deskriptif. Hasil temuan menunjukkan: 1) Dari hasil uji regresi linier sederhana model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share memberi pengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel yakni 19,488 > 4,260. 2) Dan model pebelajaran kooperatif tipe Rotation Trio Exchange memberi pengaruh terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel yakni 15,663 > 4,260. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji ANAVA dengan taraf α = 0,05 diperoleh harga thitung=17,98 dan ttabel= 4,085, dengan demikian diperoleh Fhitung > Ftabel atau 17,98 > 4,085, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dari data diatas dapat disimpulkan penelitian ini menjelaskan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan kooperatif tipe Rotation Trio Exchange terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP YPI Amir Hamzah.