Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Main Author: Sianipar, Marliana
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8377/1/SKRIPSI%20MARLIANA%20SIANIPAR.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8377/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pustakawan dalam melayani pemustaka pada layanan sirkulasi yang dilihat dari aspek kehandalan, aspek empati, aspek perhatian pustakawan. Adapun rumusan masalah ini berkaitan tentang persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan pada layanan sirkulasi dilihat dari aspek kehandalan, aspek empati, aspek perhatian. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah dekskriptif kualitatif diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan informannya berjumlah lima orang. Hasil penelitian pada skripsi yaitu: Persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan yang berkaitan dengan aspek kehandalan bahwa pustakawan memiliki daya tanggap yang sudah membantu dalam pencarian koleksi. Namun sebagian pustakawan kurang tanggap dalam merespon masalah pemustaka; Persepsi pemustaka yang berkaitan dengan aspek empati bahwa sebagain pustakawan memiliki sikap simpatik berupa kenyamanan dan keramahan, kesopanan dalam berbusana pustakawan sudah pantas, namun dalam hal sapa menyapa, sikap peduli dan perhatian pustakawan dirasa kurang kepada pemustakanya; Persepsi pemustaka yang berkaitan dengan aspek perhatian bahwa sikap kpedulian berkaitan dengan aspek perhatian dinilai mampu lebih dekat dan bersahabat, namun beberapa informan menganggap kepedulian pustakawan belum terlihat dimata pemustaka, karena tidak semua pustakawan di layanan sirkulasi peduli dalam pencarian koleksi. Sikap proaktif pustakawan di layanan sirkulasi belum dirasakan oleh pemustakanya proaktif, hal ini dapat dibuktikan dengan kurang aktifnya pustakawan dalam melayani pemustaka.