Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK AL-HIDAYAH Kecamatan Medan Polonia Tahun Ajaran 2018/2019

Main Author: Rahmatika, Arizka
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8323/1/SKRIPSII%281%29.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8323/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun Tk Al-Hidayah, 2) Peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun Tk Al-Hidayah, 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam sosial emosional anak usia 5-6 tahun Tk Al-Hidayah. Jenis penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data penelitian diperoleh dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisi data dari hasil penelitian ini, dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, analisis tersebut terdiri dari tiga alur analisis yang berinteraksi yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1) Perkembangan sosial emosional usia 5-6 tahun Tk Al-Hidayah cukup baik. 2) peran guru yang sudah dilakukan guru-guru di Tk Al-Hidayah yaitu sebagai guru sebagai sumber belajar, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pengelola, guru sebagai demonstrator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, guru sebagai evaluator, guru sebagai komunikator, guru sebagai manager, dan guru sebagai supervisor. 3) Faktor pendukung dalam sosial emosional yaitu faktor keluarga, lingkungan dan penalaran anak. Dan sedangkan faktor penghambat dalam sosial emosional anak yaitu Kurangnya penalaran anak, dan Egosentris. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran guru sangatlah penting dalam mengembangkan sosial emosional anak di TK Al-Hidayah Kecamatan Medan Polonia.