Penerapan Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas Viii-4 Di MTs. Al Jam’iyatul Alwasliyah Tembung

Main Author: Rambe, Silvi Nasarah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8314/1/SILVI%20NASARAH%20RAMBE%20skripsi.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8314/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan siswa mengatasi kesulitan belajar melalui penerapan layanan individu. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Alwashliyah Tembung. Penelitian yang digunakan adalah PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) dengan pendekatan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif deskriftif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 dengan jumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan adalah Angket atau kuesioner untuk menjaring data kesulitan belajar siswa. Penelitian PTBK dengan pelaksanaan penelitian 2 siklus (siklus I dilakukan dengan dua kali pertemuan dan siklus II dilakukan dengan tiga pertemuan) dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan layanan individu, kesulitan belajar siswa masih dikategorikan rendah. Setelah diberi layanan individu pada siklus I dengan 2 kali pertemuan, kesulitan belajar siswa mengalami peningkatan sehingga siklus I menjadi 65%. Selanjutnya setelah dilakukan tindakan pada siklus II mengalami peningkatan, sehingga pada siklus ke II menjadi 90%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan individu dapat mengatasi kesulitan belajar siswa di kelas VII I-4 MTs Al-jam’iyatul washliyah Tembung dapat diterima.