Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Metode Storytelling Pada Anak Kelompok B Di RA Khairin Jalan Tuamang No 85 Kota Medan Tahun Ajaran 2018-2019

Main Author: Wahyuni, Priska Julia
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8308/1/Skripsi%20Priska.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8308/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui keterampilan menulis anak sebelum menggunakan metode storytelling di RA Khairin 2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode storytelling dalam meningkatkan keterampilan menulis di RA Khairin 3) Untuk mengetahui keterampilan menulis anak sesudah menggunakan metode storytelling di RA Khairin. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian anak kelompok usia 5-6 tahun terdiri dari 21 anak. Objek penelitian ini yaitu peningkatan keterampilan menulis anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi berbentuk Cheklist dan dokumentasi berupa foto. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh selama 1)Pra tindakan yaitu 0% atau dengan rata-rata 2, hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis anak sangat rendah dan belum berkembang, 2) Pelaksanaan metode storytelling untuk meningktakan keterampilan menulis anak dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I penulis hanya sekedar bercerita sesuai dengan tema tanpa menggunakan buku cerita ataupun media. Akan tetapi pada siklus II penulis bercerita menggunakan buku cerita dan media yang menarik sesuai dengan tema yang dapat meningkatkan keterampilan menulis anak, 3) Terjadi peningkatan sesudah menggunakan metode storytelling yaitu dari 0% meningkat secara klasikal sebanyak 81%, hal tersebut menunjukkan bahwa dari penelitian yang dilakukan telah mencapai peningkatan keberhasilan secara klasikal.