Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dan Teams Games Tournament Di Kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal Pada Materi Program Linear T.A 2019/2020

Main Author: Primitha, Anggia
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8251/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8251/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournamnet (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa pada materi program linear di kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas yang terdiri dari 30 siswa yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas ekperimen I dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas ekperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament. Instrumen tes dilakukan dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Dari hasil analisis data postest kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata 79,05 dan nilai rata-rata hasil postest kelas eksperimen B sebesar 75,50 dan selisih nilai rata-rata hasil postest di kedua kelas 3,55. Dari hasil analisis uji hipotesis data postest kelas eksperimen A dengan menggunakan uji tuckey yaitu t_hitung=6,800 dan t_tabel=2,830. Hal ini menjukkan bahwa t_hitung>t_tabel , maka H_a diterima dan H_0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan model pembelajaran kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Team Games Touurnament (TGT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Program Linear kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal tahun ajaran 2019/2020.