Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Kestabilan Emosi Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan Sumatera Utara

Main Author: Dayana, Riska
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8207/1/SKRIPSI%20RISKA%20DISATUIN%20SEMUA.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8207/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: Untuk Mendeskripsikan Kestabilan Emosi Siswa sebelum melakukan Layanan IKnformasi di kelas XII IK-1 MAN 3 Medan Tahun 2018/2019, untuk mengetahui bagaimana Kestabilan Emosi Siswa setelah melaksanakan Layanan Informasi pada siswa kelas XII IK-1 MAN 3 Medan Tahun 2018/2019, untuk mengetahui apakah Layanan Informasi dapat Meningkatkan Kestabilan Emosi Siswa di MAN 3 Medan baik di kelas maupun lingkungan dan sosialnya yang dilakukan di kelas XII IK-1 MAN 3 Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang di teliti adalah Siswa Kelas XII IK-1 MAN 3 Medan, sebanyak 43 siswa yang mempunyai Kestabilan Emosi Rendah. Penelitian menggunakan Layanan Informasi. Layanan Informasi merupakan Layanan Bimbingan dan Konseling yang bermaksud memberikan pemahaman dan informasi yang membantu siswa menjelaskan mengenai tugas, cara dalam Meningkatkan Kestabilan Emosi Siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan 2 siklus ( siklus I dan siklus II) setiap siklus 2 kali pertemuan dan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Hasil penelitian prasiklus sampai siklus II dapat diketahui melalui adanya peningkatan penilaian pada aspek yang diamati, mulai dari prasiklus dengan persentase 37,21% kategori rendah. Siklus I dilakukan dengan II kali pertemuan 60% kategori cukup berhasil. Dan siklus II dengan II kali pertemuan dengan persentase 81% kategori berhasil.