Pengaruh Penerapan Bermain Tebak Ekspresi Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Ummi Erni Percut Kota Medan T.A. 2018-2019

Main Author: Nurjanah, Viska
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8172/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8172/
Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh penerapan bermain tebak ekspresi terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun di Tk Ummi Erni, 2) pengaruh penerapan bermain congklak terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun, 3) perbedaan pengaruh penerapan bermain tebak ekspresi dengan penerapan bermain congklak terhadap perkembangan emosional anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 54 anak dan sampelnya adalah keseluruhan populasi. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakanNonProbability Sampling yaitu Total Sampling (Boring Sampling).Instrumen penelitian menggunakan rating scale. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat pengaruhpenerapan bermain tebak ekspresi terhadap perkembangan emosional anak, dari nilai rata-rata anak meningkat saat pretest yaitu 3,0740 dan posttest yaitu 10, 0370, 2) Terdapat pengaruh penerapan bermain congklak terhadap pekembangan emosional anak, dari nilai rata-rata anak meningkat saat pretest yaitu 2,7777 dan posttest yaitu 7,9629, 3) Terdapat perbedaan pengaruhpenerapan bermain tebak ekspresi dengan bermain congklak terhadap perkembangan emosional anak, dilihat nilai post test kelas kontrol dan kelas eksperimen nilai thitung = 4,8619 dan ttabel= 2,009. Hasil perhitungan menunjukkan thitung> ttabel,sehingga hasil penelitian adalah signifikan.