Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di MTs PAB 2 Sampali

Main Author: Nazidah, Nazidah
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8165/1/SKRIPSI%20BURNING.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8165/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah yang diterapkan di MTs PAB 2 Sampali, sehingga paham akan keunggulan- keunggulan di dalam manajemen Sekolah, guna menjadi acuan serta semangat bagi sekolah- sekolah lain untuk dapat meningkatkan Manajemen di sekolahnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah motivasi untuk MTs PAB 2 Sampali agar tetap mempertahankan dan mengembangkan manajemen yang ada didalamnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriftif mengenai kata- kata lisan maupun tulisan serta tingkah laku yang dapat diamati dari orang- orang yang diteliti. Teknik penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informasi yang didapat dari penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Staff Madrasah, guru dan penguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Kepemimpinan kepala sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah telah diterapkan di MTs PAB 2 Sampali, tetapi masih belum optimal, faktor pendorong dalam pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah cukup mempengaruhi minat masyarakat terhadap sekolah. Dan faktor penghambat juga berpengaruh dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap sekolah. Hasil penelitian menyatakan bahwa dalam upaya meningkatkan manajemen sekolah sangat diperlukan standar Manajemen Berbasis Sekolah atau unsur- unsur yang telah ditetapkan, sehingga semua manajemen di sekolah dilaksanakan sesuai dengan kemampuan dibidangnya masing-masing.