Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Anak Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Anak Kelompok B Di Tk Azzahra Preschool Jln. Kapten M. Jamil Lubis No. 57 Medan Tahun Ajaran 2018-2019
Main Author: | Lestari, Putri |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/8118/1/SKRIPSI.pdf http://repository.uinsu.ac.id/8118/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk meningkatkan pemahaman konsep sains anak sebelum dan sesudah diberikannya kegiatan yang berhubungan dengan sains melalui model pembelajaran Guided Discovery pada anak kelompok B di Azzahra Preschool. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Guided Discovery agar pemahaman konsep sains anak dapat meningkat. 3)Untuk mengetahui bahwa setelah menggunakan model pembelajaran Guided Discovery dapat meningkatkan pemahaman konsep sains pada anak kelompok B di TK Azzahra Preschool. 4)Untuk mengetahui respon anak-anak setelah diberikan materi dengan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery. Hasil penelitian yang diperoleh selama Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II yaitu: 1) Pada saat pra siklus jumlah nilai seluruh anak yaitu 90 atau dengan rata-rata 7 (53%), 2) Pelaksanaan model pembelajaran Guided Discovery dilaksanakan di TK Azzahra Preschool untuk meningkatkan pemahaman konsep sains anak. Hal ini diketahui melalui pelaksanaan siklus I dan siklus II, 3) Terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Guided Discovery dengan rentang nilai 5 dari nilai rata-rata 7 (53%) meningkat menjadi nilai rata-rata 12 (92,30%), hal tersebut menunjukkan bahwa dari penelitian pada siklus I dan siklus II telah mencapai peningkatan keberhasilan klasikal 4) Responnya anak dapat merespon dengan baik apa yang disampaikan oleh penulis, Anak terlihat bersemangat dan fokus dalam melakukan kegiatan eksperimen telur ajaib, anak dapat mempraktikkan dengan lebih baik dari siklus I.