Pengaruh Kegiatan Mendongeng Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok B Di TKIT Nurul ‘Ilmi Tahun Ajaran 2018/ 2019

Main Author: Widiyani, Dewi Sri
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8107/1/DEWI%20SRI%20WIDIYANI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8107/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kegiatan mendongeng dengan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B di TKIT Nurul ‘Ilmi, 2) pengaruh kegiatan mendongeng dengan gerakan guru terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B di TK IT Nurul ‘Ilmi, 3) perbedaan pengaruh kegiatan mendongeng dengan media boneka tangan dengan kegiatan mendongeng dengan gerakan guru terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B di TKIT Nurul ‘Ilmi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian Quasi Eksperimen design, menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah populasi adalah 40, yaitu 20 anak kelas sentra Cookingdan 20 anak kelas sentra Balok. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dengan jumlah sampel 20 anak kelas eksperimen dan 20 anak kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Hasil penelitian ini adalah 1) Adanya pengaruh kegiatan mendongeng dengan media boneka tangan terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B, yaitu dilihat dari nilai thitung = 12,0767 > ttabel = 2,10092, 2) adanya pengaruh kegiatan mendongeng dengan gerakan guru terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B, yaitu dilihat dari nilai thitung = 11,1305 > ttabel = 2,10092, 3) adanya perbedaan pengaruh kegiatan mendongeng dengan media boneka tangan dengan kegiatan mendongeng dengan gerakan guru terhadap kemampuan menyimak anak kelompok B di TK IT Nurul ‘Ilmi, yaitu dilihat dari nilai thitung = 2,6223 > ttabel = 2,02439.