Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Materi Aritmatika Sosial di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Main Author: Ruji, Fakhrur
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/8095/1/Skripsi.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/8095/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menggunakan Taksonomi SOLO di SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskritif. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh bahan-bahan yang relevan dan akurat. Maka metode pengumpulan data yang tepat digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebagian besar masih berada pada tingkat kemampuan yang rendah, kemudian diikuti siswa yang berkemampuan sedang, dan siswa yang berkemampuan tinggi. (2) Berdasarkan Taksonomi SOLO siswa yang berkemampuan rendah hanya mampu mecapai level Multistruktural, kemampuan sedang mencapai level Relasional, dan kemampuan tinggi mencapai level Extented Abstrak. (3) Kesalahan siswa yaitu kurang memahami dan kurang teliti, kesalahan operasi hitung, keragu-raguan dalam menggunakan rumus.